WISATA ARUM JERAM SAMIR (SAMIR RAFTING)

18.56 0 Comments



Wisata arum Jeram samir (Samir Rafting)



Indonesia sebagai salah satu negara mega biodeversiti atau memiliki berbagai keanekaragaman hayati dan didukung keindahan alamnya yang mempesona, serta memiliki beranekaragam budaya, berpeluang sangat besar untuk mengandalkan pariwisata alam (ekowisata) sebagai sumber devisa. Dengan pengelolaan yang terpadu, ekowisata berpotensi untuk menggerakkan ekonomi nasional dan mensejahterakan rakyat di sekitar kawasan yang dikembangkan sebagai pariwisata alam.
Secara konseptul  pengembangan ekowisata dapat didefinisikan sebagai suatu konsep pengembangan pariwisata berkelanjutan yang bertujuan untuk mendukung upaya-upaya pelestarian lingkungan (alam dan budaya) dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan, sehingga memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat setempat
Saat ini, pemerintahan daerah mulai mengembangkan ekowisata dengan mengangkat potensi sumberdaya alam yang dimilikinya. Seperti halnya Pemda Situbondo yang telah mengembangkan kawasan-kawasan pariwisata alam. Selain mengembangkan taman nasional dan pantai yang dimiliki. Pemda Situbondo kini tengah mengembangkan kawasan wisata baru yaitu Arum Jeram Samir (Samir Rafting)
       Arum jeram samir memiliki jarak tempuh kurang lebih 9 km dengan pilihan tingkat kesulitan yang berbeda-beda, aliran sungai yang digunakan untuk wisata air ini menghubungkan antara dua kabupaten yaitu kabupaten banyuwangi sebagai start dan kabupaten situbondo sebagai finishnya. Selain wisata arum jeram, Samir Rafting juga menawarkan berbagai sarana hiburan bagi pengunjung diantaranya outbond, camping, pemandangan alam yang masih alami seperti tebing berbatu, pegunungan, dan bukit. Selain hal tersebut, di daerah wisata arum jeram ini masih sangat kental akan kebudayan lokal, hal ini terbukti dengan banyaknya rumah warga sekitar yang masih  tergolong sangat tradisional yang disebut dengan “TABING TONGKOK”. 





·    

























  •   Lokasi  Wisata Arum Jeram Samir (samir Rafting)


Wisata arum  Jeram samir  (Samir Rafting) ini terletak di dusun Samir Desa Bantal Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo, tepatnya lokasi tersebut kira-kira 40 km dari pusat kota Situbondo. Obyek Wisata tersebut diresmikan langsung oleh Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, S.H. Arum  jeram samir diresmikan sejak 2 tahun lalu, namun baru beroperasi kurang lebih 4 bulan terakhir karna sesuatu hal.

  • ·      Jalur Menuju  Lokasi Wisata Arum Jeram Samir

Untuk menuju ke tempat wisata arum jeram samir, wisatawan dapat menggunakan jalur darat  dengan mobil ataupun sepada motor karena akses jalan yang ada cukup bagus. Wisatawan akan  melalui jalur pantura Situbondo-Asembagus.  Dari pusat Kota Situbondo, wisatawan akan menempuh perjalanan sepanjang 30 km menuju kecamatan Asembagus dan akan dilanjutkan 10 km menuju desa bantal, dusun Samir.




By: Lailatul Fitri Fauzia

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: