AIR TERJUN BLAWAN

18.30 1 Comments


Lokasinya tidak jauh dari kawah Ijen. Air Terjun Blawan ini juga banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan. Terletak di desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Bondowoso, air terjun Blawan merupakan hilir dari kali pahit rembesan Kawah Ijen yang penuh dengan kadar belerang dan dikelilingi oleh tumbuhan makademia dan lumut dari spesies Jackiela sp. di tebing-tebingnya.
Yang menarik dari air terjun ini adalah muara alirannya yang langsung menuju ke dalam tanah seperti air terjun Niagara di Amerika dan pada akhirnya akan bermuara di daerah Asembagus Situbondo. Jalan menuju Air Terjun Blawan sangat menantang dengan jalan naik turun tangga di antara 2 tebing.
Debitnya yang sangat besar membuat daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun Blawan.Dilokasi ini juga terdapat belerang yang berasal dari sumber mata air panas di dekat Air Terjun Blawan, yang mana masih terjaga kealamiannya.

Untuk menuju ke tempat tersebut kita ikuti saja jalan menuju ke Ijen melalui Bondowoso. Setelah sampai di Cafe Ijen, kita lanjutkan perjalanan kira-kira 30 menit hingga melewati Kecamatan sempol, dilanjutkan menuju Perkebunan Blawan. Dan setelah itu ikuti saja plang yang menuju ke Air Terjun Blawan.

Selain itu di dekat Air Terjun Blawan terdapat pemandian air panas yang bersumber dari mata air panas alami yang tercampur belerang, sehingga menurut warga setempat air panas ini berkasiat dalam menyembuhkan penyakit antara lain adalah penyakit kulit dan dapat memperlancar peredaran darah. Lokasi pemandian air panasnya terletak sebelum air terjun dan searah jika kita menuju Air Terjun Blawan,   

Setelah menempuh perjalanan yang jauh dan melelahkan misalnya kita mengunjungi Kawah Ijen atau Air Terjun Blawan, alternatif untuk memulihkan stamina kita adalah berendam dulu di pemandian air panas ini, dijamin rasa lelah akan hilang dan badan kita akan terasa segar kembali.






Di kawasan Blawan juga terdapat taman milik pabrik pengolahan kopi blawan, tempat ini sangat cocok sekali dijadikan objek untuk berfoto, karena selain tamannya yang indah juga terdapat air terjun yang tidak kalah bagus dari air terjun blawan sendiri. untuk itu apabila berkunjung ke Kabupaten Bondowoso jangan lupa untuk menyempatkan diri berwisata ke lokasi Air Terjun Blawan.

 







 Sudahkah berkunjung?



#Ayoberkunjung

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

1 komentar: